angka 7

Angka 7 berarti bicara numerologi. Angka adalah hasil budaya manusia erat berkaitan dengan hal hal magis. Termasuk hari ini, tepatnya 07 07 07, tanggal tujuh, bulan tujuh dan tahun 2007, bisa jadi hari yang paling faforit bila kita melakukan hal hal yang terpenting dalam hidup ini.

Walaupun tiap tahun ada angka triple yang sama, misalnya tahun depan jatuh pada tanggal 08 08 08 hari itu juga bisa jadi hari favorit, tapi angka delapan tidak sesakral dengan angka tujuh. Banyak ilmuwan luar negeri yang mempelajari angka dan kekuatan magisnya dalam sejarah manusia. Salah satunya ilmuwan Jerman terkemuka, Annemarie Schimmel. Perempuan ini menerbitkan bukunya berjudul The Mystery of Numbers pada 1993.

Di Indonesia, karya Schimmel diterjemahkan dengan judul “Misteri Angka angka dalam Berbagai Peradaban Kuno dan Tradisi Agama Islam, Yahudi dan Kristen”, oleh penerbit Pustaka Hidayah pada 2006.

Dalam kata pengantarnya, Schimmel menyatakan, bidang numerologi dan daya magis angka telah menarik perhatian umat manusia selama ribuan tahun. Matahari dan bulan, sebagai tanda tanda dalam buku agung alam semesta yang berfungsi mengukur kehidupan manusia ini, selalu menjadikan manusia merasa bahwa angka angka adalah sesuatu yang sangat khusus.
Schimmel tahu benar angka 7 adalah angka favorit sepanjang sejarah manusia. Hingga dia kemudian menulis, “Kami sangat berharap bahwa, setelah membaca buku ini, para pembaca tidak hanya terpaku pada angka 6 dan 7, tetapi mengetahui konteks berkembangnya simbolisme dan daya magis angka.”

Wanita yang juga dikenal ahli sufi terkemuka Jerman ini menambahkan,” Sekurang-kurangnya, para pembaca akan dapat—atau demikian harapan kami—memahami mengapa lampu lalu lintas itu terdiri dari tiga warna lampu, me¬ngapa banyak orang memilih angka angka “keberuntungan” yang khusus untuk plat nomor kendaraan mereka (seringkali dengan angka 7 atau kelipatan 7)…”

“Angka 7 telah mempesona manusia sejak zaman dahulu kala,” tulis Schimmel.

Pada bagian lain, Schimmel menulis bahwa angka ganjil mempunyai kedu¬dukan penting dalam kepercayaan masyarakat dan, bahkan, dalam spekulasi spekulasi teologis.

Bagi Plato, semua angka genap justru adalah pertanda buruk. Sedang Virgil berkata,”Dewa senang dengan angka ganjil” dan ide ini diakui dalam tradisi Islam. Schimmel merujuk pada hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang artinya, “Allah itu ganjil (tunggal) dan menyukai (bilangan) yang ganjil”.

Angka tujuh memang unik. Allah menciptakan alam semesta ini dalam 7 masa/hari. Menciptakan neraka juga sebanyak tujuh buah, tapi entah kenapa surga tidak berjumlah tujuh, hanya Allah yang tau. Allah juga menciptakan langit 7 lapis dan jumlah hari juga 7 hari.

Dalam adat orang Aceh, kalau seseorang meninggal dunia, sebanyak tujuh hari didoakan dan pada hari ketujuh pula di adakan kenduri “seunejoh”. Anda juga sering kan pergi ke “seunujoh”.

Bahkan keajaiban dunia pun identik dengan angka 7. Anda tentu mendengar istilah 7 keajaiban dunia. Pelajaran sekolah SD dampai SMU sering menyebut Boro¬budur sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia, entah berdasar versi siapa.

Kini tahun berganti, 7 keajaiban dunia punya nominasi baru. Penggagasnya adalah Yayasan Tujuh Keajaiban Baru milik pengusaha Swiss, Bernard Weber. Penjaringan nominasi ini sudah dimulai sejak awal 1 Januari 2006 silam. Hasil penjaringan akan diumumkan pada Sabtu 7 Juli 2007 alias 07 07 07. Kalau Anda ingin termasuk jadi salah satu pemilih tujuh keajiban dunia, boleh berpartisipasi di situs http://www.new7wonders.com. Karena hari ini diumumkan maka kita tunggu saja pemilihan berikutnya. Kalau ada.

Sementara itu, bagi presenter dan pemain sinetron Irvan Hakim juga memamfaatkan tanggal 07 07 07 yang paling fenomenal. Ia sengaja memilih tanggal ini untuk melangsungkan akad nikahnya dengan Della. Karena tanggal itu pula Irvan menyiapkan mas kawin berupa uang tunai Rp7.777.777 dan perhiasan emas 77 gram. Betul-betul serba tujuh.

Sekarang banyak contoh sugesti angka 7 di dunia seperti, Windows juga telah meluncurkan windows 7, penyanyi korea juga menggunakan nama seven untuk nicknamenya, begitu juga pemain sepak bola yang kerap menjadikan angka 7 menjadi nomor punggung mereka, seperti di team sepak bola liga italia , AC Milan yang selalu memberi nomor 7 pada pemain hebat mereka, Andrey Shevchenko pernah menyandang nomor itu yang sekarang terpampang di punggung Alexandre Pato, sementara itu team setan merah pun juga demikian nomor 7 pada M.U sekarang menjadi milik bomber mereka C.Ronaldo.